Sejarah Adanya Chiropractic

Semakin lama ilmu chiropractic semakin menunjukkan popularitasnya. Hal ini karena sekarang sudah diketahui akan manfaat dan perlunya ilmu Chiropractic di Indonesia. Mengingat belum banyak ahli dalam klinik chiropractic Jakarta yang dapat memberikan layanan praktik ini.

Klinik chiropractic daerah Jakarta masih terbilang sedikit. Agar kita lebih mendalami ilmu ini, seharusnya kita juga mengetahui sejarah ilmu chiropractic. Berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai sejarah ilmu chiropractic yang berasal dari beberapa ahli penting, yaitu:

  1. Daniel David Plamer

Palmer merupakan orang pertama yang melakukan praktik chiropractic di tahun 1895 pada negara bagian Lowa, Amerika Serikat. Pada tahun ia mengawali praktik penyembuhan magnetik. Terapi ini pertama kali dilakukan pada Harvey Liliard yang mengalami gangguan pendengaran bahkan hampir tuli setelah ia merasakan tulang punggungnya bergerak. Kemudian Palmer membenarkan tulang belakang Liliard setelah itu pendengarannya bisa kembali pulih.

  1. Langworthy

Tokoh ini menambahkan dasar ilmiah dalam chiropractic melalui sekolah chiropractic di tahun 1903. Ia menggabungkan ilmu ini dengan penyembuhan alami sehingga menjadi penyembuhan osteopathy dan naturopati. Ia berusaha menjelaskan mengenai hubungan antara gangguan pada tulang belakang dengan keluhan atau kelainan pada organ tubuh lainnya secara alami, seperti nyeri punggung.

Awalnya, ilmu chiropractic tidak diakui sebagai penyembuhan secara resmi. Hal ini membuat Palmer pernah di tangkap karena diduga melakukan praktik tanpa ijin. Tapi setelah itu, perkembangan ilmu chiropractic semakin berkembang, antara lain:

  • Pada tahun 1920 ilmu chiropractic mulai diformalkan dan diperbaiki kurikulumnya hingga sekitar 1.000 siswa terdaftar di sekolah Palmer.
  • 30 tahun pertama, terdapat 12.000 ahli chiropractic yang ijin untuk membuka praktik chiropractic tanpa adanya lisensi.
  • Pada tahun 1930, Amerika Chiropractic Association dan Universal Chiropractic Association bergabung hingga membentuk NCA atau Nasional Chiropractic Association yang membakukan ilmu chiropractic.
  • Pada tahun 1960, chiropractic digunakan untuk menangani manipulasi tulang belakang dan muskuloskeletal.
  • Tahun 1978, muncul jurnal mengenai chiropractic.
  • Tahun 1983, ilmu chiropractic mendapat pengakuan.

Demikian sejarah mengenai ilmu chiropractic yang mendasari berdirinya klinik chiropractic Jakarta.

Leave a Reply