Rektor IPB Bantah Alumninya Kurang Ikut Berkontribusi

Seperti yang kita tahu, IPB (Institut Pertanian Bogor) adalah salah satu universitas yang berfokus pada pertanian Indonesia. Banyak di antara alumni IPB bekerja di berbagai industri dan bidang, mulai dari media hingga perbankan. Hal inilah yang kemudian memunculkan anggapan bahwa, lulusan IPB kurang berkontribusi pada pertanian Indonesia, mereka justru lebih memilih bekerja di bank.

Mendengar kabar tersebut, Rektor Institut Pertanian Bogor mulai angkat bicara. Beliau menjelaskan bahwa alumni yang bekerja di bank hanya sebagian kecil saja, presentase terbesar masih dipegang oleh bidang pertanian. Beliau juga menambahkan jika bekerja di bidang pertanian bukan berarti jadi petani, tapi yang dimaksud adalah pertanian secara luas. Berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang terkait dengan bidang pertanian, yaitu:

• Manajer usaha pertanian,
• Pengembangan berbagai program di bidang pertanian secara luas,
• Perikanan,
• Kelautan,
• Peternakan,
• Agribisnis, dan masih banyak lagi lainnya.

Menurut Henry, rektor IPB, presentase lulusannya yang bekerja di bidang pertanian berjumlah 30 sampai 40 persen. Sedangkan, untuk bidang lainnya, berjumlah lebih rendah dari pertanian. Bahkan IPB senantiasa berupaya dalam menciptakan lulusan atau mahasiswa yang unggul dan berkualitas.

Berikut adalah upaya yang dilakukan oleh IPB dalam meningkatkan kualitas alumni, antara lain:

1. Memberi bekal kemampuan hard skill maupun soft skill

Sekarang ini, banyak pihak yang gencar menyampaikan kemampuan soft skill. Kemampuan ini dapat berupa kemampuan berbicara, berorganisasi dan lain sebagainya yang berkaitan dengan kemampuan diri selain akademik.

2. Selalu mendorong mahasiswa dalam menghadapi tantangan atau persoalan bangsa yang semakin besar
Lulusan IPB diharapkan dapat membuat inovasi sehingga menyelesaikan masalah Indonesia terkait sektor pertanian.

3. Meningkatkan kompetisi antar mahasiswa agar mereka terpacu untuk menjadi mahasiswa terbaik
Kompetisi akan meningkatkan semangat bagi mahasiswa dalam mencapai prestasi terbaik.

Berdasarkan penjelasan dari rektor IPB (Institut Pertanian Bogor) tersebut, kita dapat mengetahui bahwa IPB tidak main-main dalam mencetak mahasiswa unggul. Selain itu, persoalan yang semakin pelik di Indonesia, membuat tanggung jawab IPB semakin besar dalam menyelesaikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *