Pengembangan Hijauan Pakan Ternak Oleh IPB dan PT Antam

 

Program nasional swasembada ternak harus didukung dengan pengembangan dan tindakan yang nyata oleh semua pihak. Direktorat Kajian Strategis dan Kebijakan Pertanian, Dit. KSKP IPB (Institut Pertanian Bogor) dan Divisi Corporate Social Responsibility PT Antam Tbk menjalin kerjasama dalam mencanangkan pengembangan hijauan pakan ternak. Pencanangan ini dilakukan hari Selasa tanggal 5 Januari silam dan bertempat di Kebun Bukit Arroyan yang ada di Desa Antajaya, Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Bogor. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mendukung dan menyongsong swasembada daging sekaligus penguatan potensi ekonomi lokal.

Dr. Dodik Ridho Nurrochmat selaku Direktur Kajian Strategis dan Kebijakan Pertanian IPB menyampaikan bahwa dukungan program nasional swasembada daging dilakukan oleh IPB dengan membuat model pemanfaatan lahan non produktif lewat penanaman hijau pakan ternak berskala kecil. Aktivitas ini dilakukan di tiga titik desa yang berlokasi di wilayah Kabupaten Bogor dan Sukabumi. Ketiga titik desa yang dimaksud antara lain Desa Cileuksa di Kecamatan Sukajaya, Desa Tamansari di Kecamatan Tamansari dan juga Desa Naggerang di Kecamatan Cicurug.

Berkerja sama dengan PT Antam, model pengembangan yang dilakukan oleh Institut Pertanian Bogor diterapkan secara berkala. Pengembangan ini diterapkan dengan mendampingi para petani dalam mengembangkan hijauan pakan ternak dan memfasilitasi akses petani dalam permodalan melalui penyaluran dana bergulir yang dilakukan. Hijauan itu sendiri merupakan sumber pakan ternak utama yang perannya sangat besar terhadap ternak ruminansia, yaitu sapi, kerbau, kambing dan domba. Hijauan juga baik bagi pertumbuhan produksi berupa daging dan susu yang dihasilkan.

Dengan kata lain, IPB berupaya untuk menciptakan lahan yang bisa menghasilkan hijauan makanan yang bergizi sebagai pakan ternak. Lahan yang dikembangkan juga berpotensi sebagai lahan wisata, perkebunan, buah-buahan dan lain sebagainya. Sejauh ini, kegiatan tersebut didukung penuh oleh berbagai pihak. PT Antam juga berkomitmen untuk meningkatkan pengelolaan kemitraan, meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan mengembangkan sistem pengelolaan usaha mikro sekaligus bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi seperti IPB (Institut Pertanian Bogor) secara berkelanjutan.

Baca Juga : Sekolah Peternak Rakyat IPB

Leave a Reply