Museum di Indonesia, Museum yang Menyimpan Benda Pra-Sejarah

Peradaban manusia sudah ada sejak beribu-ribu tahun yang lalu. Kehidupan manusia sudah berkembang sejak dulu bahkan bukan hanya kehidupan masyarakatnya saja namun juga fisik manusia. Pengetahuan merupakan salah satu hal yang membuat manusia terus berkembang dan berbeda dari makhluk lainnya di muka bumi ini. Mempelajari bagaimana perkembangan manusia sejak dulu juga merupakan salah satu bentuk usaha manusia untuk semakin berkembang. Selalu ada yang bisa dipelajari dari sejarah. Banyaknya museum di Indonesia yang menampilkan benda-benda pra-sejarah sangat memudahkan kita untuk bisa mengatahui masa lampau. Untuk itu berwisata ke museum adalah hal menyenangkan yang bisa kita lakukan.

Ada banyak jenis museum di Indonesia yang menyimpan berbagai benda. Salah satu jenis museum adalah museum pra-sejarah, yaitu yang menyimpan berbagai benda pra-sejarah. Museum memang merupakan sebuah gedung atau tempat untuk menyimpan dan memamerkan benda-benda yang patut untuk mendapat perhatian umum. Tentunya berbagai benda dari masa pra-sejarah termasuk yang patut untuk mendapat perhatian umum. Kali ini akan diulas tentang beberapa museum yang menyimpan berbagai benda pra-sejarah.

  • Museum Pra-sejarah Sangiran

Situs Sangiran merupakan salah satu situs ditemukannya fosil manusia purba. Disana pulalah kini terdapat museum pra-sejarah yang menyimpan dan menampilkan fosil manusia Pithecanthropus Erectus. Selain itu ada pula pepohonan serta hewan yang hidup di masa pra-sejarah. Museum ini menjadi salah satu museum terbaik yang dimiliki oleh Indonesia. Selain dari isinya, museum ini juga terkenal akan perawatannya yang baik. Museum Sangiran nyaman untuk dikunjungi apalagi disekitarnya ada warung-warung yang dikelola warga dengan baik. Semakin nyaman untuk berwisata.

  • Museum Geologi Bandung

Disini kita bisa melihat bagaimana sejarah perkembangan kehidupan manusia. Koleksi unggulan yang dimiliki oleh museum geologi Bandung diantaranya manusia purba Homo Erectus, fosil gajah purba Stegodon Trigonocephalus, dan replika fosil dinosaurus Tyranosaurus Rex. Selain itu disini ditampilkan pula bagaimana bumi terbentuk, bebatuan, mineral dan lain sebagainya. Banyak ilmu yang bisa didapatkan di museum di Indonesia yang satu ini.

  • Museum Nasional

Museum ini diklaim sebagai museum terbesar di Asia tenggara. Tak heran jika demikian karena museum ini memang memiliki koleksi yang begitu lengkap dari masa pra sejarah, masa sejarah, hingga perkembangannya di wilayah nusantara. Museum ini memiliki koleksi sekitar 140.000 buah koleksi. Dari peninggalan masa pra-sejarah misalnya ada fosil, tulang manusia, tulang hewan purba, artefak dari alat-alat yang digunakan oleh manusia pada masa itu, dan sebagainya. Belum pagi peninggalan masa sejarah, koleksi geografi, etnografi, keramik, arkeologi, dan lainnya.

Itulah 3 museum di Indonesia tempat dimana Anda bisa menggali sejarah kehidupan manusia. Tentunya sangat menambah pengetahuan.

Leave a Reply