Mengenal CRO (Conversion Rate Optimization) dan Kegunaannya

conversion rate optimization

conversion rate optimization

Mengenal CRO (Conversion Rate Optimization) dan Kegunaannya
dalam Bisnis Online

CRO adalah singkatan dari conversion rate optimization yang merupakan metode bisnis online untuk membuat pengalaman pada suatu situs website untuk mengkonversi atau menjadikan pengunjung menjadi pelanggan tetap. CRO sering digunakan untuk mengoptimalkan kinerja website. Tujuan dari CRO adalah membuat penggunjung menjadi pelanggan sehingga anda dapat berbisnis secara lancar.

Untuk menggunakan metode ini tidak hanya ulasan dari artikel saja yang anda butuhkan. Anda membutuhkan kreatifitas untuk mengkonversi pelanggan, sehingga setiap CRO pada setiap website berbeda-beda.

Teknik CRO atau conversion rate optimization memiliki keterkatian dengan metode SEO atau seacrh engine optimazation, yaitu membuat website lebih cepat dikunjungi oleh pengguna internet. Cara ini terbukti dapat mengoptimalkan kinerja wibsite, dengan sistem yang tidaj terlalu beda dengan SEO pengaplikasian teknik bisnis online dengan CRO tidak terlalu sulit, kunci dari teknik ini adalah kreatifitas dan keuletan.

Beberapa manfaat dan keuntungan mengunakan metode CRO untuk usaha online anda adalah:

1. Calon pelanggan/ followers berpotensi semakin banyak karena tingginya traffic website.
2. Dengan tingginya traffic website meningkatkan angka penjualan sehingga porfit bisnis bertambah banyak.
3. Metode CRO yang kreatif membuat bisnis lebih menjanjikan karena selalu dapat berkembang sesuai dengan jaman dan kebutuhan pelanggan.

Metode conversion rate optimization salah satu metode penting dalam melakukan bisnis online. Untuk mengoptimalkan website ada beberapa elemen penting yang harus diperhatikan seperti.

1. Memiliki tujuan yang jelas, dengan tujuan anda dapat lebih fokus bekerja. Tujuan ini disesuaikan dengan visi misi usaha anda.
2. Kedua, perhatikan komponen website yang mendukung CRO. Contohnya seperti membuat artikel dengan tujuan pemasaran yang bertujuan untuk iklan, membuat acara yang sesuai dengan tema website anda.
3. Terakhir adalah evaluasi untuk mengetahui jalannya kinerja CRO apakah memberikan hasil yang sesuai tujuan atau tidak. Bila sesuai dengan tujuan anda dapat melanjutkan teknik CRO bila tidak sesuai anda dapat melakukan evaluasi lebih lanjut untuk mengetahui komponen apa saja yang belum sesuai dan memperbaikinya.

Semoga artikel ini bermanfaat !!!

Leave a Reply