Kiat Mencegah Bronkitis Pada Anak Dan Dewasa

Bronkitis merupakan gangguan pernapasan yang sering menyerang anak-anak, namun tidak jarangpula dialami oleh orang dewasa. Bronkitis terjadi saat saluran udara mengalami peradangan dan bengkak akut dari trakea dan bronkus besar atau kecil pada paru-paru. Trakea dan bronkus besar dan kecil ini merupakan saluran udara di dalam paru-paru. Beberapa jenis virus seperti influenza A dan B seta bakteri seperti mycoplasma pneumoniae dapat menjadi penyebab bronkitis pada anak dan dewasa.

Penderita penyakit bronkitis, saluran udara mengalami iritasi dan bengkak. Dahak akan menumpuk di paru-paru dan keluar saat ia batuk. Batuk yang terjadi secara terus menerus akan membuat perasaan tidak nyaman, kerusakan paru-paru dan saluran udara (bronkus). Gejala bronkitis yang timbul pada penderita seperti batuk persisten, sesak napas, nyeri dada, pilek, flu dan lain-lain. umumnya Bronkitis terbagi dua jenis, yaitu bronkitis akut dan kronis. Pada bronkitis akut, gejala bronkitis dapat langsung nampak namun tidak berlangsung lama. Bronkitis kronis dapat berlangsung lama, gejalanya bisa ringan dan berat dan bisa terjadi berulang-ulang. Penyakit bronkitis bisa berkembang dari penyakit flu dan pilek.

Untuk mencegah penyakit bronkitis, ada beberapa hal yang dapat dilakukan dengan langkah-langkah mudah dalam keseharian. Penyakit bronkitis sangat mudah menyerang perokok dan orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah. Beberapa langkah pencegahan dapat dilakukan seperti berikut ini.

1. Melakukan vaksinasi.

Vaksinasi terhadap infeksi virus merupakan tindakan pencegahan terbaik untuk mencegah datangnya bronkitis. Vaksinasi ini dapat menurunkan risiko tertular bronkitis, vaksin influensza merupakan vaksin tahunan yang dapat melindungi virus influenza.

2. Mengenakan masker.

Agar anda terhindar dari debu dan serbuk sari yang masuk ke saluran udara dan menjadi penyebab bronkitis pada anak dan dewasa, maka anda bisa mengenakan masker untuk memastikan saluran udara tidak terganggu dengan masuknya benda asing. Beberapa pekerjaan yang rentan terkena penyakit ini adalah orang yang bekerja pada industri logam atau tambang, dokter hewan dan relawan yang bertugas memiliki risiko tinggi terkena bronkitis, penggunaan masker dapat menurunkan risiko tersebut.

3. Jaga jarak dengan penderita bronkitis.

Bronkitis merupakan penyakit yang bisa menular dengan cepat dari satu orang ke orang lain di dekatnya. Maka anda harus menjaga jarak dengan penderita flu dan pilek yang dapat berkembang menjadi bronkitis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *