Berbayar atau Gratisan? Dilema Hosting Pebisnis Online Pemula

Salah satu dilema yang dihadapi entrepreneur online pemula adalah memilih tempat hosting yang berbayar, atau mencoba hosting gratisan lebih dahulu. Beberapa orang memilih langsung saja menggunakan hosting yang berbayar, dengan alasan bahwa sekarang ini, toh, sudah banyak layanan hosting murah yang ada. Namun sebagian lagi tidak ingin merugi dan lebih memilih yang gratis dulu. Mana yang paling tepat?

Ini pertanyaan yang tidak mudah dijawab, karena kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Untuk yang baru mulai, tentu yang gratisan dianggap sebagai yang terbaik. Tetapi apakah benar demikian? Ini beberapa hal tentang yang perlu diperhatikan:

  1. Iklan

Penyedia jasa hosting gratis yang Anda gunakan bebas menempatkan iklan mereka sendiri di blog atau website Anda, sehingga mengurangi kesempatan Anda untuk beriklan demi Anda sendiri.

  1. Tak ada plugin

Anda juga tak bisa memasang plugin ataupun menggunakan blog Anda dengan bebas, walaupun hal ini mungkin Anda anggap tak masalah jika baru saja mulai.

  1. Bandwidth dibatasi

Jika blog atau website Anda baru mulai, Anda mungkin belum merasakannya, namun jika pengunjung semakin banyak, barulah Anda melihat website semakin lama loading, tak responsif, dan masalah lainnya.

Bagaimana dengan jasa hosting yang berbayar? Sekarang ini sudah banyak jasa hosting harga murah yang beredar, di Indonesia ataupun di internasional. Apa saja yang membedakan? Ini dia:

  1. Branding

Bagaimana pun juga, mempunyai website sendiri dengan nama pilihan Anda sebagai domain memberikan brand recognition yang lebih bagus bagi pengunjung. Anda terlihat lebih profesional dan terpercaya.

  1. Bebas memodifikasi

Anda juga lebih bebas dalam memodifikasi situs Anda sesuai dengan yang Anda mau, karena ini semua milik Anda.

  1. Keamanan terjamin

Anda juga mendapatkan fitur keamanan dan backup yang lebih lengkap dibandingkan dengan hosting gratisan.

Intinya, untuk bisnis, jangan segan investasi. Mulailah dengan menggunakan jasa hosting murah, seperti layanan dari Cloudkilat misalnya, sehingga pengunjung yang datang melihat Anda memang serius menjalankan bisnis. Namun kalau Anda hanya memulai blog untuk kegiatan personal, seperti menuliskan jadwal sehari-hari, berbagi tips, tutorial, serta review, maka hosting gratisan adalah pilihan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *