Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memelihara Sapi

Hewan ternak terdiri dari beragam jenis, mulai dari jenis unggas, ikan, hewan berkaki empat seperti sapi, kambing, domba dan lainnya. Yang mana secara keseluruhan, berbagai jenis hewan tersebut sebagai bahan makanan yang dapat membantu untuk mencukupi kebutuhan gizi harian setiap orang. Berbicara mengenai gizi harian, nampaknya sapi merupakan jenis hewan yang dapat memberikan sumber makanan yang cukup baik bagi tubuh. Karena daging merahnya mengandung berbagai jenis nutrisi, selain dari itu susu yang dihasilkan dari sapi pun sering kali digunakan sebagai asupan makanan tambahan bagi si kecil, juga minuman menyegarkan dan menyhatkan bagi orang-orang dewasa. Seiring dengan pertambahan jumlah penduduk pada setiap waktunya, nampaknya kebutuhan akan susu sapi pun semakin meningkat. Karena susu sapi yang telah melalui proses produksi, mengalami peningkatan dalam penjualan di pasaran. Oleh karenanya tak heran apabila kini hadir usaha peternakan sapi di Indonesia dengan Selandia Baru.

Usaha peternakan sapi di Indonesia dengan negara lain tersebut berjalan di bawah naungan Badan Koordinasi Penanaman Modal. Yang mana Selandia Baru sebagai negara yang menanamkan modalnya di tanah, diharapkan semakin hari semakin bertambah nilai investasi yang mereka berikan. Hal ini tentu harus didukung pula dengan pemeliharaan sapi yang baik, mulai dari memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

  1. Pakan, dengan memberikan pakan ternak sapi yang sesuai dengan jenis sapi itu sendiri akan membantu dalam meningkatkan kualitas sapi yang diternak. Baik itu daging maupun susu yang dihasilkannya. Dan dengan pakan yang baik pula, makan kondisi sapi akan tetap sehat dan hidup lebih lama.
  2. Kandang, dengan menjaga kebersihan kandang, dapat menunjang dalam menghasilkan produk susu sapi yang tidak tercemar oleh beragam jenis kotoran ataupun bakteri yang hadir dari kandangnya.

Itulah dua hal yang dapat menunjang dalam meningkatkan kualitas sapi yang dibutuhkan, serta mampu meningkatkan populasi sapi sebagaimana yang telah diharapkan. Karena dengan populasi sapi yang terus bertambah dapat meningkatkan pula investasi usaha peternakan sapi di Indonesia dengan Selandia Baru.

Leave a Reply